Ads2

Featured Posts

Ads3

Cost Occupied Room, Menghitung Biaya Perkamar Hunian Hotel Berbintang

26 September 2014



Cost Per Occupied Room (monthly)

Cost per Occupied room

( Biaya per Kamar) dihitung untuk mengetahui jumlah biayaoperasional kamar dalam satu periode ( mis: bulanan) hal ini digunakan untuk mengevaluasi pengaruhnya terhadap laba kamar. 


Misalnya biaya operasional kamar selama satu bulan sebesar Rp.113.000.000,- , maka Cost per Occupied Room dihitungsebagai berikut:

Cost Per = Room ExpensesOcc.Room No.of Room Occupied

= 113.000.0002.498= Rp.45.236,-

FOOD AND BEVERAGE OPERATING RATIO

Net Food (Beverage) Sales

Net food (beverage)

sales merupakan pendapatan bersih dari penjualan makanan( minuman), diperoleh dari pendapatan \ penjualan kotor dikurangi allowance.


Number of Covers

Number of covers merupakan jumlah tamu yang makan di restoran dan outlet lainnya di Food and Beverage Department.

Average Food Check

Average food check disebut juga Average Sale of Food per Cover
merupakan harga rata – rata untuk setiap tamu yang makan di hotel (cover). Average food check dihitungdengan cara Net Food Sales dibagi dengan number of covers. Berdasarkan contoh diatas, maka dapat dihitung sebagai berikut :Average Food Check = Net Food Sales = Number of Covers= 5.200.000 = Rp. 12.903,-


Average food check


tidak hanya digunakan untuk menghitung harga rata-rata makanandari seluruh outlet food and beverage department, akan tetapi harga ini dapat digunakanuntuk mencari harga rata – rata dari suatu outlet , misalnya :

coffee shop

dan

room service

. Selain itu,

average food check


dapat digunakan untuk mengetahui harga rata- rata makanan untuk suatu periode meals misalnya: breakfast, lunch dan dinner.Informasi mengenai harga rata- rata makanan yang terjual dapat digunakan manajemendalam penetapan menu dan harga.

Food Cost Percentage

Food cost percentage merupakan prosentase harga pokok penjualan makanan dari penjualan. Food cost dalam industri hotel pada umumnya sekitar 35 % dan untuk minuman sekitar 25 %. harga pokok makanan sekitar 35% merupakan rata – rata darimakanan yang terjual, jadi bukan harga pokok untuk setiap item menu.Dapat terjadi cost untuk breakfast sekitar 30 %, lunch sekitar 35% dan dinner sekitar 40%, sehingga total cost sebesar 35%. Informasi mengenai cost sangat penting bagimanajemen dalam pengendalian biaya dan kualitas makanan. Apabila terjadi food cost percentage lebih tinggi dari yang ditetapkan manajemen dapat mengakibatkan profityang diperoleh akan kecil.Tingginya food cost perlu diselidiki lebih lanjut penyebabnya. Kenaikan food costkemungkinan dapat disebabkan oleh naiknya harga bahan makanan, kerusakan bahanmakanan di dapur, pengolahan tidak sesuai standard recipe dan sering terjadi kesalahanorder. Sedangkan rendahnya food cost dari standar yang telah ditetapkan manajemen, belum tentu berarti baik. Rendahnya food cost akibat pengurangan porsi atau pemakaian bahan yang lebih murah dan rendah mutunya dapat mengakibatkan turunnya kualitasmakanan yang dijual hotel.Sebagai contoh , apabila food cost yang terjadi sebesar Rp.1.770.000,- maka berdasarkancontoh di atas (manager’s daily report) maka, food cost percentage dapat dihitungsebagai berikut :


 Food Cost = Food Costx 100%

Percentage Net Food Sales= 1.770.000 x 100% = 34,03 %5.200.000

Cover Per Guest

Cover per guest merupakan rasio yang menunjukkan perbandingan antara jumlah tamumakan di hotel dengan jumlah tamu yang menginap di hotel. Rasio ini dapat digunakanmanajemen sebagai indikator mengenai minat tamu makan di hotel. Rasio ini dihitungdengan cara number of covers dibagi dengan number of guest. berdasarkan contoh diatas maka rasio cover per guest dapat dihitung sebagai berikut : Cover Per = No.of Covers = 403 = 2,35Guest No.of Guest 171 Rasio tersebut menunjukkan bahwa minat tamu untuk makan di hotel cukup besar.Apabila rasio ini mendekati satu atau bahkan di bawah satu, maka kemungkinan besar bahwa tamu yang menginap di hotel kurang berminat terhadap makanan yang di jualhotel. hal tersebut perlu diatasi segera oleh manajemen. Manajemen dapat melakukansurvey untuk mengetahui penyebabnya

No comments:

Post a Comment

 

Blogroll

Selamat datang di Blog yang sederhana ini, mungkin apa yang anda cari tidak ada di sini, namun apa yang ada disini mungkin ada manfaatnya untuk kita, tks

Most Reading

Followers

300x600